Buletin Bulanan MJS Edisi ke-2 Jumadil Akhir - Rajab 1445 H/Januari 2024 M

slider
05 Januari 2024
|
642

Buletin Bulanan Masjid Jendral Sudirman Edisi ke-2 Jumadil Akhir - Rajab 1445 H/Januari 2024 M, menurunkan sembilan tulisan. Tulisan pertama mengulas tentang karya Ibnu Tufayl: Hayy Ibn Yaqzan. Cerita Hayy Ibn Yaqdzan (anak rusa) yang mencari Tuhannya, ditulis oleh Kaha Anwar.

Tulisan kedua tentang taubat dari tokoh sufisme abad ke-5 H dari Naisabur, Abu al-Qasim al-Qusyairi, ditulis oleh Atika Yulanda. Tulisan ketiga mengenai agama sebagai pedoman dan solusi sehat mental dari hasil catatan mengikuti Ngaji Filsafat pada 6 Desember 2023 tema “Agama dan Kesehatan Mental”, ditulis oleh Qonita Salma.

Tulisan keempat tentang gagasan yang dibuat Moeslim Abdurrahman yang lebih berupa ideologie kritik dan moda interpretasi ortopraksis untuk menjawab permasalahan sosial, ditulis oleh M. Fakhru Riza. Seni memahami (hermeneutika) Schleiermacher menjadi tulisan kelima dalam mengatasi kesenjangan ruang dan waktu antara teks, penulis, dan pembaca dengan tujuan menemukan maksud asli penulis teks tanpa prasangka, ditulis oleh Petrus Harry Kurniawan.

Tulisan keenam mengenai pemikiran Al-Farabi terkait gagasan negara utama (al-madinah al-fadhilah); negara yang di dalamnya terdapat suatu kesatuan yang memang bertujuan untuk membangun sebuah kebahagiaan yang hakiki, ditulis oleh Raha Bistara.

Keramahan masjid dan ahl al-shuffah turun sebagai tulisan ketujuh, yang secara sederhana menggambarkan bagaimana keberadaan masjid terbuka terhadap kaum mustadhafin, kelompok masyarakat kelas paling bawah, rakyat kecil yang terpinggirkan. Pada zaman Baginda Rasul, mereka menginap di emperan Masjid Nabawi. mereka disebut ahl al-shuffah: penghuni emperan, ditulis oleh Lintang Noer Jati.

Dua tulisan terakhir berupa puisi oleh Intan Puspa Rini Siswoyo, dan resensi buku karya Imam Budhi Santosa, ditulis oleh Pauzan Septiawan.


Category : buletin

SHARE THIS POST


ABOUT THE AUTHOR

Redaksi MJS

Menuju Masjid Membudayakan Sujud