Buletin Bulanan MJS Edisi ke-1 Jumadil Awal - Jumadil Akhir 1445 H/Desember 2023 M

slider
09 Desember 2023
|
744

Assalamualaikum wr, wb.

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah atas segala nikmat dan anugerah yang telah diberikan kepada kita semua. Shalawat serta salam senantiasa terlantunkan kepada Nabi Muhammad Saw, semoga kita mendapatkan syafaat di akhirat kelak.

Tonggak awal literasi masjid Masjid Jendral Sudirman adalah keberadaan buletin Jumat. Sejak 2007, Buletin Jumat Masjid Jendral Sudirman ajek menurunkan tulisan setiap hari Jumat—kecuali libur. Tulisan bergenre normatif berayat-ayat, berdalil-dalil, kami sebar ke masjid-masjid yang ada di Yogyakarta. Genre tulisan kemudian berubah pada 2011 dengan lebih menurunkan tulisan-bercerita: tulisan yang menceritakan kenyataan, sebungkus esai, tulisan yang tidak ndakik-ndakik penuh anjuran, menggurui, dan penuh kosakata bombastis.

Tagline dari Buletin Jumat Masjid Jendral Sudirman “Menuju Masjid Membudayakan Sujud”. Tafsiran dari “Menuju Masjid” dipahami sebagai sebuah ungkapan agar segenap gerak-diam manusia ditaja selalu dalam suasana “masjid”. “Membudayakan Sujud” dipahami sebagai pembiasakan perbuatan yang baik yang membudaya sebagaimana sejatinya seorang hamba. Dari tagline buletin kini menjadi bidal masjid. Buletin beredar di sekitar 40-an masjid yang ada di Yogyakarta, bersanding dengan buletin Jumat milik Muhammadiyah dan kadang kala bersanding juga dengan buletin milik Hizbut Tahrir Indonesia—sebelum dilarang.

Sampai akhirnya pandemi Covid-19 datang menyerang, memaksa gerak buletin cetak berhenti beredar. Buletin Jumat Masjid Jendral Sudirman terakhir terbit pada Edisi ke-9, Jumat, 9 April 2021. Seturut pandemi reda, tidak juga membuat buletin cetak terbit kembali. Sebagian kalangan pembaca ada yang menyayangkan. Kami sebagai pihak yang menerbitkan pun terbilang hilang semangat untuk menerbitkan kembali. Padahal sudah 13 tahun terbit dengan rata-rata 42 edisi dalam setahun.

Kini, Desember 2023 kami coba hidup kembali. Hidup dengan format baru dalam rangka menguri-uri literasi masjid. Bila sebelumnya buletin dicetak tiga rim di atas kertas ukuran F4 (1.500 lembar), terbit setiap Jumat. Kini kami format dalam bentuk buletin bulanan. Secara jumlah halaman bertambah seturut tulisan yang termuat. Tulisan yang terbit pada setiap edisinya kedepan sebagian telah tayang di website mjscolombo.com dan sebagian lagi memang tulisan baru. Untuk Buletin Bulanan Masjid Jendral Sudirman Edisi ke-1, Jumadil Awal - Jumadil Akhir 1445 H/Desember 2023 M, kami bagi gratis versi berwarna (tautan: https://bit.ly/BuletinMJS).

Untuk edisi ke-2 dan seterusnya, rencananya kami hanya menyediakan model cetak (kertas bookpaper 72 gram, kaver artpaper 120 gram, ukuran 17 x 25 cm, tebal 32 halaman, hitam putih). Bagi yang berminat untuk memiliki Buletin Bulanan Masjid Jendral Sudirman pada setiap edisinya dapat dipinang dengan mahar sebesar Rp 20.000. Bagi yang ingin menyumbang/berinfak lebih kami terima sebagai dukungan atau sebagai pengiklan. 

Kami optimis peminat buletin cetak mungkin sedikit, tapi boleh jadi juga banyak. Upaya kami ini setidaknya menjadi urun wacana dalam jejak tulisan yang tercetak, sembari menguri-uri literasi masjid. 

Salam-salaman,

Biro MJS Press


Category : buletin

SHARE THIS POST


ABOUT THE AUTHOR

Redaksi MJS

Menuju Masjid Membudayakan Sujud