Ringkasan


Primus vivere deinde philosophare (Makan dulu baru berfilsafat), kata Thomas Aquinas.

Makan merupakan salah satu kebutuhan mendasar, pokok. Lapar bisa menyebabkan kegaduhan. Pemenuhan pada hal yang mendasar itu menjadi sebuah kewajiban. Untuk itulah, agar kita tidak terjebak pada kanibalisme dalam ekonomi, ada baiknya kita menggali beberapa pemikir ekonomi.

Ngaji Filsafat pada Maret 2020 akan mengangkat persoalan mendasar, pokok tersebut. Rabu pertama (4/3) kita bertemu dengan Adam Smith, seorang pemikir ekonomi yang menyajikan teori ekonomi modern dalam bukunya The Wealth of Nation (Kemakmuran Negara). Sebuah dasar bahwa negara harus keluar dari hiruk-pikuk pasar.

Rabu kedua (11/3) kita akan menyambangi Max Weber, seorang sosiolog kenamaan pengarang buku The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism. Sebuah pemikiran yang menyajikan hubungan antara agama dan ekonomi.

Rabu ketiga (18/3) kita akan menziarahi pemikir multidisiplin keilmuan, Abdurrahman bin Khaldun atau yang terkenal dengan Ibnu Khaldun. Pada kitab Tarikh Ibnu Khaldun al Musamma Diwan al-Mubtada wal-Khabar, Ibnu Khaldun memberikan penjelasan bagaimana masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Prinsip-prinsip kebutuhan dan keinginan, para pekerja, pemilik hewan ternak, penghasil susu (produksi), dan lain sebagainya dirinci dalam kitab ini. Tarikh Ibnu Khaldun menjadi fondasi awal lahirnya teori-teori ekonomi.

Rabu keempat (25/3) kita akan bercengkrama dengan bapak koperasi kita, bapak ekonomi kerakyatan, peletak fondasi-fondasi ekonomi yang bersifat kekeluargaan dan gotong-royong. Ekonomi dengan basis kekuatan komunal atau kebersamaan. “Ekonomi Bersamaisme”, mengutip Kahrudin Yunus. Iya, tokoh yang dimaksud adalah Mohammad Hatta.

Silakan datang langsung ke masjid pada waktunya. Pastikan sebelum berangkat, sudah makan atau tidak dalam keadaan lapar. Jika pun ternyata belum, atau malahan memang sedang dalam kondisi lapar-laparnya, kami menyediakan teh dan kopi hangat ditemani makanan ringan sekadar untuk mengisi perut supaya sedikit terisi, dan lumayan untuk menunda lapar. Paling tidak, selama Ngaji Filsafat berlangsung.

#NgajiFilsafat #FahruddinFaiz

Download File Rekaman

Video Youtube